Fiksi: Berhayal

'Apakah ada yang lebih membahagiakan selain berhayal?' apalagi ditemani secangkir kopi dan mendengarkan alunan musik, betapa syahdunya. Jika diberi pertanyaan tentang genre tulisan, akan saya jawab berdasarkan kalimat di atas. Ya, genre tulisan yang kugunakan biasanya adalah: Fiksi.

Fiksi itu identik dengan berhayal, bagiku bukan hanya kisah yang tidak nyata, namun kisah nyata yang sering kita jadikan tulisanpun masih perlu berhayal untuk membayangkan lebih jauh tentang alur, setting tempat dan waktu, interaksi antar tokoh, dan lain sebagainya.

Untuk penentuan tema pada tulisan-tulisan saya, kebanyakan mengambil tema sosial dan humanistik, meskipun sesekali menulis cerita bergenre romance. Mengapa demikian? Salah satu faktor yang bisa menyebabkan tertarik untuk menulis cerita yang bertema humanistik dan sosial, kemungkinan berdasarkan jenis buku yang pernah saya baca. Misalnya buku karya Pramoedya Ananta Toer yang berjudul Bumi Manusia, atau buku karya Fiersa Besari yang berjudul Konspirasi Alam Semesta, dari sana saya jadi tertarik untuk mengangkat tema itu, atau lebih tepatnya terbawa dan menulis cerita dengan tema yang sama.

Sempat kepikiran bahwa: Virus 'belajar menjadi manusia' yang saya coba pelajari dari buku-buku yang saya baca dengan tema tersebut, juga ingin saya tularkan pada temen-temen yang lain melalui tulisan yang saya buat. Sebuah harapan tapi terkesan 'berhayal' karena sebenarnya lebih sering tidak PD dengan tulisan saya sendiri, apa yang saya tulis terkesan berantakan. Belum lagi sempat terfikirkan tentang: 'Siapalah saya yang tulisannya harus dibaca?'. Berbekal 'sedikit optimis' coba yakin lagi dibalik kritik orang atas baik buruknya karya kita, saya yakin semua tulisan akan bertemu pembacanya.

Berbicara tentang ODOP, Saya Sejauh ini di ODOP lebih sering menulis cerita mini atau Flash fiction, bentuk cerpen yang lebih singkat ini, isinya berfokuskan langsung pada permasalahan dan penyelesaian. Meskipun demikian, ada harapan mampu menulis cerita yang lebih panjang dari cerita mini (cerpen), selain itu juga ingin mencoba menulis cerita bersambung, semoga dapat terealisasi.

Lamongan, 21 September 2019
#ODOPDay12
#ODOPTantangan2

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tersembunyi di Balik Asumsi (1)

Perjumpaan Dengan Beringin

Altha: Diluar Nalar